Ha-Na-Ca-Ra-Ka = ada dua utusan
Da-Ta-Sa-Wa-La = saat menolak
Pa-Dha-Ja-Ya-Nya = sama sakti/didaya nyah
Ma-Ga-Ba-Tha-Nga = jadi bangkailah/mati
Dalam kisah Aji Saka diceritakan bahwa Sembada dan Dora ditinggalkan di Pulau
Majeti oleh Aji Saka untuk menjaga keris pusaka dan sejumlah perhiasan. Mereka
dipesan agar tidak menyerahkan barang-barang itu kepada orang lain, kecuali Aji
Saka sendiri yang mengambilnya. Aji Saka tiba di Medangkamulan, lalu bertahta di
negeri itu. Kemudian negari itu termasyhur sampai dimana-mana. Kabar kemasyhuran
Medangkamulan terdengar oleh Dora sehingga tanpa sepengatahuan Sembada ia pergi
ke Medangkamulan. Di hadapan Aji Saka, Dora melaporkan bahwa Sembada tidak mau
ikut, Dora lalu dititahkan untuk menjemput Sembada. Jika Sembada tidak mau,
keris dan perhiasan yang ditinggalkan agar dibawa ke Medangkamulan. Namun
Sembada bersikukuh menolak ajakan Dora dan memperhatankan barang-barang yang
diamanatkan Aji Saka.
yang mempunyai arti filosofi Ha-Na-Ca-Ra-Ka berarti ada " utusan " yakni
utusan hidup, berupa nafas yang berkewajiban menyatukan jiwa dengan jasat
manusia. Maksudnya ada yang mempercayakan, ada yang dipercaya dan ada yang
dipercaya untuk bekerja. Ketiga unsur itu adalah Tuhan, manusia dan kewajiban
manusia ( sebagai ciptaan )
Da-Ta-Sa-Wa-La berarti manusia setelah diciptakan sampai dengan data "
saatnya ( dipanggil ) " tidak boleh sawala " mengelak " manusia ( dengan segala
atributnya ) harus bersedia melaksanakan, menerima dan menjalankan kehendak
Tuhan
Pa-Dha-Ja-Ya-Nya berarti menyatunya zat pemberi hidup ( Khalik ) dengan yang
diberi hidup ( makhluk ). Maksdunya padha " sama " atau sesuai, jumbuh, cocok "
tunggal batin yang tercermin dalam perbuatan berdasarkan keluhuran dan
keutamaan. Jaya itu " menang, unggul " sungguh-sungguh dan bukan menang-menangan
" sekedar menang " atau menang tidak sportif.
Ma-Ga-Ba-Tha-Nga berarti menerima segala yang diperintahkan dan yang dilarang
oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Maksudnya manusia harus pasrah, sumarah pada garis
kodrat, meskipun manusia diberi hak untuk mewiradat, berusaha untuk
menanggulanginya.
MAKNA HURUF
Ha
Hana hurip wening suci - adanya hidup adalah kehendak dari yang Maha
Suci
Na
Nur candra,gaib candra,warsitaning candara-pengharapan manusia hanya selalu
ke sinar Illahi
Ca
Cipta wening, cipta mandulu, cipta dadi-satu arah dan tujuan pada Yang Maha
Tunggal
Ra
Rasaingsun handulusih - rasa cinta sejati muncul dari cinta kasih nurani
Ka
Karsaningsun memayuhayuning bawana - hasrat diarahkan untuk kesajetraan
alam
Da
Dumadining dzat kang tanpa winangenan - menerima hidup apa adanya
Ta
Tatas, tutus, titis, titi lan wibawa - mendasar ,totalitas,satu visi,
ketelitian dalam memandang hidup
Sa
Sifat ingsun handulu sifatullah- membentuk kasih sayang seperti kasih
Tuhan
Wa
Wujud hana tan kena kinira - ilmu manusia hanya terbatas namun implikasinya
bisa tanpa batas
La
Lir handaya paseban jati - mengalirkan hidup semata pada tuntunan Illahi
Pa
Papan kang tanpa kiblat - Hakekat Allah yang ada disegala arah
Dha
Dhuwur wekasane endek wiwitane - Untuk bisa diatas tentu dimulai dari
dasar
Ja
Jumbuhing kawula lan Gusti -selalu berusaha menyatu -memahami kehendak
Nya
Ya
Yakin marang samubarang tumindak kang dumadi - yakin atas titah /kodrat
Illahi
Nya
Nyata tanpa mata, ngerti tanpa diuruki - memahami kodrat kehidupan
Ma
Madep mantep manembah mring Ilahi - yakin - mantap dalam menyembah Ilahi
Ga
Guru sejati sing muruki - belajar pada guru nurani
Ba
Bayu sejati kang andalani - menyelaraskan diri pada gerak alam
Tha
Tukul saka niat - sesuatu harus dimulai - tumbuh dari niatan
Nga
Ngracut busananing manungso - melepaskan egoisme pribadi -manusia
masalah penemu aksara jawa ini, ajisaka, mungkin bukan benaer2 nama orang,
begitu juga dengan dua pembantunya, doro dan sembodo.
ajisaka kalau di pisah : aji artinya ilmu, saka artinya tiang,bisa diartikan
sebagai ilmu-tiang.
maksudnya bisa macem-macem
+ bahwa ilmu seharusnya tiang/penyangga segala urusan.
+ bahwa mencari ilmu harus meniru sifat tiang, tegak lurus keatas, alias
mendekatkan diri ke Sang Tunggal
+ bahwa ilmu yang utama adalah pengabdian diri kepada Tuhan secara mutlak
+ dlsb
Nah pembantunya : Dara adalah bohong, Sembada adalah Mencukupi.
Keduanya adalah gambaran cara pandang ekstrim, yang selalu jadi dualisme
dalam diri kita.
Karena keduanya tercipta sama kuat, pertarungan antara keduanya adalah
sepanjang jalan, hingga akhir hayat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar