Minggu, 11 Desember 2011

Beda Sesebutan Gelar Lahir antara Kasunanan Surakarta Hadiningrat terhadap Kasultanan Yogyakarta,Paku Alaman Yogyakarta dan Mangkunegara

Beda Sesebutan Gelar Lahir antara Kasunanan Surakarta Hadiningrat terhadap Kasultanan Yogyakarta,Paku Alaman Yogyakarta dan Mangkunegaran Surakarta.

Adapun gelar untuk grad( turun) tingkat seseorang dari Susuhunan Paku Buwono,yang memerintah Karaton Surakarta secara turun temurun berdasarkan hak asal usul atau hak tradisional dan bersifat istimewa sejak jauh sebelum berdirinya NKRI.
1. Santana Dalem Grad Ndoro terdiri atas:
-. Putra/Putri Dalem grad(turun) I;
Pria: RMG,GRM, dan bila telah berpangkat menjadi: KGPAA,BKPH,KGPH,GPH.
Wanita: GKR,GRAj/GRAy.
-. Wayah/Cucu Dalem grad(turun) II:
Pria: BRM dan bila telah berpangkat menjadi: BPH,KPH,KRMH.
Wanita: BRAj/BRAy.
-. Buyut dalem grad(turun) III, Canggah dalem grad(turun) IV serta Wareng dalem grad(turun) V
Pria: RM, bila berpangkat menjadi: RMP,RMRP,KRMP,KRMH,KPP.
Wanita: RAj/RAy.

Gelar Lahir Den Mas-an dan Den Ajeng/Den Ayu-an pada Kasunanan Surakarta Hadiningrat hanya pada Grad-I (Putra/Putri Dalem) sd Grad V (Wareng Dalem).

Sedangakan Grad (turun) VI dst. Pria: R (Raden),bila berpangkat menjadi RP,RR (Raden Riya),KRTP,KRP,KP. Untuk Wanita, belum menikah RR (Raden Rara), telah menikah R.Ngt (Raden Nganten).


Bila di Kasultanan Yogyakarta, Paku Alaman Yogyakarta, dan Mangkunegaran Surakarta, gelar untuk grad( turun) tingkat seseorang dari Susuhunan Hamengku Buwono Kasultanan Yogyakarta, KGPAA Paku Alam, dan KGPAA Mangkunegara secara turun temurun berdasarkan hak asal usul atau hak tradisional dan bersifat istimewa sejak jauh sebelum berdirinya NKRI.
1. Santana Dalem Grad Ndoro terdiri atas:
-. Putra/Putri Dalem grad(turun) I;
Pria: BRM (Bandoro Raden Mas)
Wanita: BRAj/BRAy (Bandoro Raden Ajeng/Bandoro Raden Ayu)
-. Wayah Dalem grad(turun) II:
Pria: RM
Wanita: RAj/RAy.
-. Buyut dalem grad(turun) III, Canggah dalem grad(turun) IV
Pria: RM,
Wanita: RAj/RAy.

Gelar Lahir Den Mas-an dan Den Ajeng/Den Ayu-an pada Kasultanan Yogyakarta,Paku Alaman Yogyakarta dan Mangkunegaran Surakarta, hanya berada pada Grad-I (Putra/Putri Dalem) sd Grad-IV (Canggah Dalem).

Sedangkan untuk Grad V (Wareng) dst untuk Pria: R (Raden). Untuk Wanita, belum menikah RR (Raden Rara), telah menikah R.Ngt (Raden Nganten).

Hal ini terjadi perbedaan pergeseran Hak Gelar Lahir pada Pecahan Kerajaan Mataram Islam karena menghitung Garis Tertua Raja penerus Mataram Islam. Kasunanan Surakarta Hadiningrat merupakan Kerajaan Penerus dari Mataram Islam dengan Garis Tertua dari Kasultanan Yogyakarta,Paku Alaman Yogyakarta maupun Mangkunegaran Surakarta.

3 komentar:

  1. salam... sangat menarik mencermati dua kerajaan seteru, paska Giyanti, ini melewati waktu sejarahnya. wah lebih seru lagi jika ada sumber rujukan dalam penulisan tersebut. Saya pun tengah menulis hal serupa. Salam.

    BalasHapus
  2. maaf, ini email saya: satusejarah@gmail.com

    BalasHapus